Diposting Tanggal: 09 Mei 2016
Diberikan Kesempatan Perbaikan
data NUPTK pada Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.4.0**, hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti
banyaknya permasalahan mengenai status NUPTK yang Invalid di system VervalPTK
(vervalptk.data.kemdikbud.go.id), maka saat ini di buka kesempatan untuk dapat
memperbaiki data NUPTK melalui Aplikasi Dapodik SMA-SMK guna mendorong
percepatan verifikasi dan validasi data NUPTK. Yang perlu diperhatikan adalah, bahwa kesempatan untuk dapat
memperbaiki/mengedit data NUPTK melalui Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0** ini
hanya = 1 X (SATU KALI), setelah data NUPTK diisi/ubah/edit kemudian di
simpan maka akan kembali TERKUNCI. Untuk perbaikan data NUPTK ini hanya dapat
dilakukan pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0**. Dihimbau untuk
menggunakan kesempatan ini dengan cermat dan bijaksana.
Berikut penjelasan teknis status NUPTK Invalid di
VervalPTK dan penanganannya:
1. NUPTK INVALID disebabkan kesalahan input
Yang masuk kategori ini adalah:
a. NUPTK
salah input/isi di Aplikasi Dapodik SMA-SMK sedangkan status di aplikasi sudah
non aktif dan tidak data di edit.
b. NUPTK
diisikan data asal, misalnya = 0000000000000, 11111111111
c. NUPTK
diisikan data bukan NUPTK, misalnya diisi PegID
d. NUPTK
belum diisikan/kosong, padahal PTK yang bersangkutan sudah memiliki NUPTK
PERLAKUAN :
a. Lakukan
sinkronisasi dan cek report sinkronisasi pada bagian “PERUBAHAN DATA YANG MASUK
KE LOKAL”. Dan cermati pada kolom “Nama Tabel” jika terdapat “VLD PTK” dengan
keterangan “Sukses” sejumlah PTK yang NUPTK nya invalid di verval PTK, maka
kolom NUPTK pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0** untuk PTK yang status NUPTK Invalid
sebagaimana penjelasan diatas akan aktif dan dapat diisi/edit/ubah.
b. Lakukan
perbaikan data NUPTK, dan ingat harap dilakukan dengan cermat karena setelah
diisi/ubah dan disimpan, maka akan kembali di kunci. Disarankan data NUPTK yang
diisikan dicek terlebih dahulu pada laman:
http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status
c. Setelah
dilakukan perbaikan data NUPTK, lakukan sinkronisasi untuk mengirimkan
perubahan/perbaikan data.
d. Tunggu
1 X 24 jam untuk proses update dari server Dapodik ke server VervalPTK.
e. Cek
status NUPTK di laman : http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id
f. Jika
status masih INVALID, maka ulangi proses dari awal (poin a.)
2. NUPTK INVALID disebabkan PTK belum memiliki NUPTK
Untuk
PTK yang belum memiliki NUPTK, maka akan diproses berdasarkan mekanisme yang
dijelaskan di Panduan Pengelolaan Data GTK dan NUPTK (http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/…/panduan_pengelolaan_da…
)
PERLAKUAN :
a. Setelah melakukan sinkronisasi
maka kolom NUPTK pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0** menjadi aktif dan dapat
diisi, akan tetapi dikarenakan memang PTK yang bersangkutan belum memiliki
NUPTK maka HARUS TETAP DIKOSONGKAN.
b. Dan setelah
kembali dilakukan sinkronisasi, maka status NUPTK di vervalPTK untuk PTK yang
belum memiliki NUPTK akan tetap INVALID.
c. TIM dari PDSPK
akan melakukan validasi dan kemudian PTK yang belum memiliki NUPTK akan masuk
dalam menu “Kandidat”.
d. Proses berikutnya
dilakukan sesuai dengan prosedur pengajuan NUPTK yang dijelaskan pada Panduan
Pengelolaan Data GTK dan NUPTK.
Demikian informasi dari kami dan terimakasih atas
perhatian dan kerjasamanya.
Salam Satu Data,
Sumber : Admin
Dapodik SMA-SMK

0 Response to "VERVAL NUPTK"
Posting Komentar